Teknik Pertanian Dimanfaatkan Seorang Agripreneur : Petani Digital

Teknik Pertanian Dimanfaatkan Seorang Agripreneur  Petani Digital
Teknik Pertanian Dimanfaatkan Seorang Agripreneur  Petani Digital

Apa artinya, di dunia yang kompetitif dan mengglobal dewasa ini, menjadi wirausahawan pertanian? Manakah alat untuk mengikuti perkembangan zaman?

Teknik pertanian dan proses produksi telah sangat berubah dalam beberapa tahun terakhir: tentu saja, angin segar yang bertiup telah membangkitkan minat banyak petani digital yakni anak muda yang telah memutuskan untuk mengambil jalan untuk menjadi "agripreneur", mengambil kegiatan produktif yang menjadi milik orang tua mereka ( terkadang bahkan untuk kakek-nenek mereka).

Dunia pertanian - bidang yang sangat kompetitif yang ditandai oleh perubahan lingkungan yang cepat dan tidak dapat diprediksi - membutuhkan pikiran yang muda dan dinamis, tertarik untuk bereksperimen: pengusaha yang baik adalah inovator, tetapi juga seseorang yang mau belajar dan melatih. Namun, kepribadiannya tidak cukup: itu harus dikombinasikan dengan keterampilan teknis, kompetensi kewirausahaan dan ide-ide untuk mengembangkan peluang bisnis baru. Bahkan, sementara kualitas mungkin lahir - karena semangat untuk pertanian dan semangat wirausaha - pengetahuan dan kompetensi dapat ditingkatkan dengan program pengembangan kapasitas khusus.

Dalam “jalur menuju pengetahuan” ini, kebijakan pembangunan pedesaan yang dibiayai oleh Uni Eropa memainkan peran penting: kebijakan tersebut mewakili peluang untuk mengakses intervensi publik yang bertujuan mempromosikan modernisasi perusahaan dan perlindungan lingkungan.

Jenis bantuan ini sangat mendasar: sektor pertanian pangan harus menghadapi banyak tantangan terkait dengan kebutuhan untuk berinovasi sistem produksi dan untuk menanggapi kebutuhan pasar. Memang, variabilitas lingkungan membutuhkan alat yang mampu mengelola semua faktor biofisik dan produktif dalam kompleksitasnya.

Salah satu alat ini adalah Pertanian Presisi yang dalam beberapa tahun terakhir telah membangkitkan minat besar: para agripreneur memahami bahwa ini bukan aksesori untuk mempercantik mesin pertanian, tetapi alat untuk meningkatkan profitabilitas dan menjadi kompetitif di pasar.

Mereka telah menunjukkan memiliki pendekatan metodologis yang memungkinkan mereka untuk menafsirkan inovasi teknologi yang dibawa oleh PA sebagai peluang untuk merevitalisasi sektor ini dan bukan sebagai "ancaman".

Salam, Petani Milenial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Solahart Fungsinya?

Pelatihan Bisnis Wirausaha Unggulan BI Bersama IMUTS Pelatih Indonesia

Cara Cat Epoxy Lantai di Garasi Anda