Menjadi Barista Kopi Yang Baik

Menjadi Barista Kopi Yang Baik

Jika Anda ingin menjadi master barista, Anda harus menyukai hal-hal berwarna cokelat. Jika Anda benci kopi, menjadi seorang barista bukanlah pekerjaan untuk Anda. Barista yang unggul dalam karir mereka, adalah pecinta kopi dan mereka memiliki selera untuk membedakan antara secangkir kopi yang buruk dengan cangkir yang baik. Bersedialah untuk membagikan cinta dan hasrat Anda pada kopi. Pelanggan akan menghargai hasrat Anda dan itu akan selalu terlihat dalam pekerjaan Anda.

Pelajari sejarah kopi


Apakah Anda tahu sejarah kopi? Apakah Anda tahu bahwa mereka adalah sejarah? Jika Anda tidak tahu jawaban kunci tentang teknik dan asal, maka Anda perlu merapikan pengetahuan Anda. Seiring dengan membuat kopi, Anda perlu mengetahuinya. Ada pelanggan yang akan memiliki pertanyaan tentang minuman mereka dan jika Anda tidak memiliki jawaban, Anda tidak akan menjadi pembuat bir dalam waktu dekat.

Beberapa perusahaan, seperti Starbucks, melatih karyawan baru mereka dengan mendidik mereka tentang sejarah kopi. Anda tidak harus mengetahui segala sesuatu yang perlu diketahui tentang kacang tetapi Anda harus mengetahui dasar-dasar tentang bahan yang Anda gunakan.

Jangan takut dengan mesin espresso


Saat ini mesin espresso cenderung otomatis dan lebih mudah digunakan. Namun, karena setiap mesin berbeda, sulit untuk memberikan instruksi universal, jadi pastikan Anda mengenal teman baru Anda. Pelajaran paling penting yang dapat Anda pelajari saat ini adalah menjadi pendengar yang baik. Ikuti semua kiat dan trik dari tim baru Anda, Anda akan membutuhkannya saat pagi hari tiba.

Mengambil jalan pintas akan membawa Anda ke sisi gelap menjadi seorang barista, dan Anda bukan joe biasa. Luangkan waktu Anda dan selalu ikuti langkah-langkahnya!

Pelajari cara mengukus susu seperti pro


Dalam lingkaran ini, susu kukus adalah bentuk seni dan akan merumuskan salah satu bagian terpenting dari pelatihan Anda. Membuat kopi terbaik adalah perpaduan sempurna antara kopi dan susu kukus. Hasil dari membuat susu kukus adalah busa halus yang berada di atas minuman, ini dibuat dengan memaparkan susu ke uap bertekanan tinggi. Teknik ini bisa rumit tetapi setelah Anda menguasainya, Anda akan dapat melakukannya dalam tidur Anda.

Isi kendi Anda setengah jalan dengan susu, level susu harus mencapai 'v' cerat kendi.
Selanjutnya Anda harus meregangkan susu - arahkan nozzle uap tepat di bawah permukaan susu, langkah lima detik ini memasukkan udara ke dalam susu yang menghasilkan gelembung.

Kemudian celupkan nosel setengah sentimeter lagi sehingga menciptakan gerakan pusaran air, biarkan berputar hingga susu memanas hingga 60 derajat celsius. Buang susu dari nosel uap - pastikan untuk menghapus nosel untuk barista berikutnya.

Sebelum Anda menuangkan susu, aduk untuk menghilangkan gelembung besar dan membantu menjaga agar busa dan susu tetap sama

Akhirnya, perlahan tuangkan susu ke dalam kopi.

Jika Anda sudah mengukus susu dengan benar maka Anda bisa membuat latte art. Kuasai dasar-dasarnya sebelum Anda menguasai busa / bentuk seni.

Pelajari resep minuman panas


Pada awalnya itu bisa sangat menakutkan ketika Anda bekerja di kedai kopi. Ada begitu banyak resep dan ekstra yang bisa diminta pelanggan. Setelah pelatihan, manajer Anda akan mengharapkan Anda tahu cara membuat cappuccino, caffe americanos, macchiato, lattes, espresso, moka, ristretto, dan cokelat panas. Anda akan mempelajarinya dengan sangat cepat saat Anda bekerja. Untuk menjadi master barista yang Anda butuhkan untuk menguasai setiap resep, Anda tidak bisa dengan canggung meminta manajer Anda untuk membantu Anda ketika Anda diminta untuk membuat macchiato karamel. 

Berikan layanan pelanggan yang sangat baik


Karena ada begitu banyak kedai kopi untuk dipilih, pelanggan dapat dengan mudah pindah ke toko lain jika mereka tidak puas dengan layanan ini. Anda dapat membuat pelanggan Anda senang dengan selalu memberikan layanan yang ramah dan profesional. Terutama selama masa sibuk, pelanggan harus menunggu lebih lama untuk minuman mereka. Hanya dengan bersikap sopan, Anda dapat menghindari membuat orang kesal. Bekerja sebagai seorang barista bisa jadi cukup menegangkan tanpa harus berurusan dengan pelanggan yang marah . 

Jangan menangisi susu yang tumpah


Saat Anda bekerja di area yang sibuk di belakang bar, Anda harus  mewaspadai bahaya sehingga Anda dapat menghindarinya . Gelas pecah dan susu yang tumpah bisa menjadi kejadian mingguan jika tidak setiap hari.

Barista bekerja dengan cepat sehingga kecelakaan bisa mudah tergelincir atau jatuh. Untuk menjadi master barista, Anda harus menjaga area Anda tetap rapi dan membantu menjaga tim Anda. Bersihkan setelah tumpahan atau setidaknya beri tahu tim Anda bahwa mereka harus berhati-hati. Anda dapat memastikan bahwa Anda dijaga dengan memakai sepatu yang tepat untuk bekerja. Sepatu tahan selip menjaga kaki Anda tetap di tanah bahkan di lantai yang basah dan berminyak.

Beberapa Macam Sensasi Kopi Indonesia

Baca juga : Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Solahart Fungsinya?

Cara Cat Epoxy Lantai di Garasi Anda